Tips Buat Orang Tua Dalam Menjaga Anak

tahun baru lagi“Detik Menjelang Tahun Baru”

Tak terasa sebentar lagi terjadi pergantian tahun, dari tahun yang super ndeso ke tahun yang super canggih. Ditahun yg akan datang tentu kita semua berharap semoga lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Dulu, kalau tidak salah pada tahun 2010 ketika saya di Lampung, tepatnya di Tanjung Karang disebuah pantai yang paling ujung yang bernama Pantai Mutun, sehari sebelum malam tahun baru, disekitar pantai tersebut masih bersih karena memang selalu dijaga kebersihannya tetapi setelah malam tahun baru, keesokan harinya disekitar pantai pun jadi banyak sampah bahkan sampai kepantainya.

Tahukah Anda sampah apa itu ?? Ternyata sampah yang berserakan tersebut adalah kondom-kondom yang sudah abis digunakan mereka bersama pasangannya yang belum suami istri, lalu dibuangnya disekitar pantai. wah-wah…gatot (gagal total) nih… naudzubillahi minzalik.
Ternyata malam tahun baru banyak digunakan orang-orang yang tidak paham agama untuk berbuat maksiat.

Setelah disurvey, ternyata kebanyakan mereka adalah pemuda atau anak-anak ABG (Anak Baru Gede) yang mempunyai kekasih alias sudah pacaran.

Nah, ini saya ada sedikit tips buat para orang tua agar anak-anaknya bisa terhindar dari perbuatan dosa tersebut.
1. Selalu mengawasi anak-anaknya baik secara langsung ataupun tidak langsung, jika tidak bisa secara langsung,misalkan karena urusan kerja diluar kota sehingga tidak bisa bertemu anaknya secara langsung, jadi bisa minta tolong sama sanak saudaranya untuk mengawasi anaknya dan usahakan juga selalu menelepon anak-anaknya agar anaknya merasa diperhatikan oleh orang tuanya.
2. Sering memberi pengarahan dan nasehat-nasehat agama kepada anaknya agar selalu ingat akan dosa sehingga dia takut melakukan perbuatan dosa tersebut.
3. Ajaklah anak Anda ikut dalam pengajian-pengajian, tentu jika kita mengajak anak kita untuk mengaji, kita sendiri sebagai orang tua pun juga harus ikut mengaji agar si anak mau mendengarkan apa kata orang tua nya, takutnya nanti ada omongan dari anaknya, bagaimana saya mau mengaji sedangkan orang tua saya saja tidak ikut mengaji. Jadi, disini peran orang tua sangatlah penting.
4. Jika anak Anda sudah siap menikah dan sudah umurnya maka sebaiknya segera dinikahkan saja, jika sudah ada pasangannya. jika belum ada, hendaknya dicarikan jodohnya agar tidak terjadi pelanggaran dan perbuatan yang menyebabkan dosa.

Itu sedikit tips dari saya, mungkin masih banyak lagi cara yang harus dilakukan para orang tua untuk menjaga anak-anaknya selain dari tips diatas. Semoga tips sederhana diatas yang saya khususkan buat para orang tua bisa bermanfaat dan barokah.

Iklan

2 comments

  1. nice post, setiap orang tua harus selalu belajar menjadi orang tua sepanjang masa, karena anak- anak juga akan dan selalu berkembang sesuai zamannya, maka tak ada kata berhenti belajar untuk para orang tua dalam pendidikan anak-anaknya

Ditunggu komentarnya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s