Hikmah Dibalik Cobaan Anda

Didalam hidup ini kita tak pernah lepas dari yang namanya cobaan dan ujian, walau kita sudah berusaha untuk menghindarinya, pasti kita semua pernah mengalaminya, baik itu cobaan  biologis, ekonomi, ataupun sosial bahkan budaya sekalipun,, kenapa hidup ini tak lepas dari yang namanya cobaan dan ujian ?……… padahal yang kita inginkan hidup di dunia tidak ingin mendapat kesusahan,,iya  bukan,,, saya juga demikian, kalau bisa saya menghindari cobaan dan ujian itu tapi realitanya setiap manusia yang tinggal di bumi ini pasti mendapatkan cobaan dan ujian.

Tidak usah kita memikirkannya jauh-jauh, contohnya saja Nabi Muhammad saw walaupun beliau adalah seorang nabi tetapi beliau pun masih mendapat cobaan bahkan cobaan yang beliau rasakan lebih berat daripada cobaan yang diberikan Allah pada kita saat ini. Lalu kenapa ketika mendapat cobaan dan ujian kebanyakan dari kita selalu mengeluh, bukannya bersabar dan berdo’a ???

Manusia,,terkadang lupa dengan dirinya sendiri, siapa dia, dari apa dia diciptakan, untuk apa dia hidup, dan apa yang seharusnya jadi kewajibannya sebagai seorang manusia ???

Yang perlu kita tanamkan dalam diri kita  agar kita selalu bersabar , bersyukur dan berdo’a ketika mendapat cobaan adalah bahwasanya setiap cobaan dan ujian yang Allah berikan kepada hambanya tidak akan melebihi batas kemampuan hambanya, artinya pasti cobaan tersebut dapat kita lewati  bahkan dengan tenang, karena cobaan itu tidak melebihi batas kemampuan kita…pasti kita BISA melewatinya.

                Bahkan di dalam suatu hadist juga dijelaskan ketika seorang hamba mendapat musibah kemudian dia bersabar dengan cobaan yang Allah berikan kepadanya maka Allah akan memberikan pahala baginya.

Seharusnya dengan cobaan dan ujian yang Allah berikan kepada kita semestinya kita lebih bersyukur,, kenapa kok harus bersyukur ???….. Karena dengan Allah memberikan cobaan dan ujian terhadap kita itu berarti Allah masih sayang sama kita, kita masih di ingatkan oleh Allah,,, mungkin selama ini kita merasa  apa yang kita lakukan itu semuanya sudah dijalan yang benar dan baik menurut kita  tapi bisa jadi itu salah dan tidak  baik menurut Allah, sehingga  terkadang sesuatu yang kita inginkan tidak berjalan sesuai harapan.

Contohnya, ada seorang pemuda yang punya motor gede, pemuda itu ingin pergi ke suatu tempat rekreasi bersama teman-temannya dengan menggunakan sepeda motornya, namun ketika motornya mau dipakai ,tiba2 motornya rusak maka keinginannya untuk bawak motor gedenya sendiri pun tidak terwuduj. Akhirnya dia nebeng ikut sama temannya, sampailah mereka ke tempat rekreasi tsb bersama 2 temannya yg mengendarai motor , setelah selesai rekreasi dan bersenang senang di tempat tersebut kemudian mereka  ingin pulang tetapi secara mengejutkan, 2 motor temannya dan motor temannya yang dia tumpangi tidak ada lagi dilokasi tersebut alias menghilang dicuri orang.

Nah, dari cerita di atas yang beruntung dan selamat dari pencurian adalah pemuda tsb karena dia tidak jadi bawak motor sendiri karena motornya rusak. Alhasil dia pun beruntung karena tidak jadi bawak motor sendiri.

Jadi, kita harus lebih bersabar jika keinginan kita terkadang tidak terwujud saat ini, karena Allah lebih tahu apa yang terbaik buat hambanya dan yang pasti dibalik  semua itu pasti Allah menyimpan sesuatu yang kita sendiri tidak mengetahuinya, sesuatu yang besar dan baik bagi hambanya. Malah justru sebaliknya kita harus tambah bersyukur karena Allah masih menyayangi kita.

Semoga dengan membaca tulisan ini kita semua menjadi lebih paham dan lebih bersabar menghadapi cobaan dan ujian yang Allah berikan, karena setiap manusia tak pernah lepas dari cobaan. Semoga kita bisa tambah lebih bersyukur dan mengerti bahwasanya dibalik cobaan yang Allah berikan ada suatu hikmah besar yang kita tak mengetahuinya.

Innallaha ma assobyrin “sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”

Salam Berbagi Kebaikan ( Salam BK )

Iklan

2 comments

    1. itulah sifat manusia mas,, pengennya yg instan, yg langsung tapi padahal kita tak tahu bahwa dibalik cobaan itu ada hikmah besar yg tidak kita ketahui. Sebab itulah terkadang manusia tidak bersyukur, seandainya kita mengetahuinya, insya allah pasti semua manusia pada bersyukur sama Allah. Ya semoga saja kita termasuk golongan orang-orang yg pandai bersyukur.. 🙂

Ditunggu komentarnya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s